Jumat, 24 Februari 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS ︱AMIKOM

Karya Ilmiah ini berjudul “MEMULAI BISNIS ONLINE” yang bertujuan memberi gambaran dari contoh detil dari bisnis online, tetang jenis bisnis online, prinsip kerja bisnis online, dan cara memulai bisnis online.
Definisi/arti kata 'bisnis' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang, sedangkan bisnis online berarti bisnis yang menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet. Syarat bisnis sendiri adalah transaksi, agar dapat melakukan transaksi kita harus mempunyai akun alat pembayaran seperti paypal, wetern union, kartu atm berlogo visa/mastercard. Perangkat yang digunakan bisa computer laptop atau bahkan gadget smartphone dan koneksi internet yang memadai. Prinsip kerja bisnis adalah mendapatkan uang dari menjual, memasang iklan, promosi dan lainya tergantung bisnis itu sendiri. Contoh bisnis online yang sedang bagus untuk dimulai mahasiswa saat ini adalah Youtuber, Blogger, Web developer, Web designer, paid promote, toko online dll.

ISI

1.    Pengertian Bisnis Online

Definisi/arti kata 'bisnis' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang, sedangkan bisnis online berarti bisnis yang menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

2.    Prinsip Kerja

Prinsip kerja bisnis online adalah menjual, memasang iklan, promosi untuk mendapat uang, keuntungan nya ada yang diperoleh dari jumlah viewer, jumlah klik iklan dan berbeda-beda sesuai bisnis itu sendiri.

3.    Contoh Bisnis Online

a.     Youtuber
Youtuber adalah orang yang membuat video yang di upload disitus online youtube. Prinsip kerja dari youtube adalah pay for view yaitu youtuber memperoleh uang dari jumlah view atau banyak orang yang melihat video. Syarat dari youtube sendiri mempunyai akun (google adsense).

b.    Blogger
Blogger adalah orang yang membuat blog untuk dikembangkan, prinsip kerja dari blog adalah membuat artikel dan memperoleh uang dari iklan. Iklan yang dimaksud adalah bisa dari Pay Per Click, Pay Per Click Lokal, Paid To Click, Paid Per Review, PaidTo Upload, Paid Redirect, Paid Backlinks, Paid Image Sharing, Pay Per Impression dll. Perusahaan penyedia iklan yang popular saat ini adalah google adsense, untuk dapat mendaftar google adsense diperlukan berbagai syarat.

c.     Web developer
Web developer hampir sama dengan blogger bedanya web perlu hosting server berbeda dengan blog yang dinaungi google. Web dibedakan menjadi tiga, yaitu web statis, web dinamis, web interaktif. Prinsip kerja nya sama yaitu memperoleh uang dari iklan Pay Per Click, Pay Per Click Lokal, Paid To Click, Paid Per Review, PaidTo Upload, Paid Redirect, Paid Backlinks, Paid Image Sharing, Pay Per Impression dll.

d.    Web designer
Sebenarnya web designer ini lebih menghabiskan waktu offline untuk mendesain web meskipun pada akhirnya dijual di situs. Untuk menjadi web designer selain dibutuhkan keahlian pemrograman / coding menggunakan bahasa HTML, CSS dll juga diperlukan keahlian membuat desain dan pembuatan konsep agar hasilnya semenarik mungkin. Situs popular untuk menjual hasil desain adalah sebagai berikut:  99desain.com, Templamatic.com, buystockdesign.com, FlashDen.net, SitePoint.com, TalkFreelance.com, Webmaster-Talk.com, eBay.com .

e.    Paid Promote
Paid promote / Endorse dan semacam nya saat ini sedang hits syaratnya mudah hanya mempunyai akun media social (ex:instagram) yang sudah terkenal dengan menyertakan kontak bisnis maka iklan atau produk untuk dipromosi mulai berdatangan.

f.     Toko Online
Toko online atau lebih dikenal olshop adalah menjual produk yang diiklankan dan dijual secara online. Kita bisa membuat web sendiri, membuat akun sosmed atau menggunakan perantara toko online seperti tokopedia, bukalapak dll. Pengiriman bisa serahkan kepada jasa pengiriman seperti JNE dan TIKI atau bahkan cod.

REFRENSI:
3. dwikyoktafiari.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar